Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Senin, 25 Mei 2015

Cara Merawat Rambut Bayi

Cara Merawat Bayi Bagian Rambut - Perlu anda ketahui, rambut bayi merupakan rambut velus. Rambut velus hanyalah rambut sementara, dan setelah usianya mencapai 1-3 bulan, rambut ini akan habis dengan sendirinya. Jadi, jika anda pernah mendengar bahwa dengan menggunduli rambut bayi yang merupakan bawaan lahir dapat membuatnya tumbuh kembali dengan subur dan lebat, maka tidak sepenuhnya benar.

Rambut velus bayi adalah rambut bawaan dari lahir yang pada akhirnya akan rontok dan digantikan dengan rambut yang baru. Artinya dengan menggunduli rambut bukan berarti dapat merangsang pertumbuhan rambut supaya tumbuh tebal dan halus. Ada juga bayi yang sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Hal ini disebabkan tebal tipisnya rambut bayi dipengaruhi faktor keturunan (genetik).

Memotong rambut bayi baru lahir

Cara Merawat Rambut Bayi

Cara Merawat Rambut Bayi

Dengan begini, bukan berarti rambut bayi tidak perlu digunduli, karena dengan menggunduli rambut bayi yang baru lahir memberikan banyak manfaat. Misalnya untuk kesehatan kulit kepala yaitu dengan membuang kerak kotoran dan menutup pori-pori kulit sehingga kulit akan terlihat bersih.

Gizi bagi rambut bayi

Hal yang paling penting dalam pertumbuhan rambut bayi adalah gizi bagi rambut. Beberapa gizi yang penting bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut bayi adalah protein, asam lemak Omega 3, zat besi dan berbagai macam vitamin.
  1. Makanan yang mengandung protein di antaranya yaitu daging, telur, ikan, susu serta kecang-kacangan
  2. Makanan yang mengandung banyak asam lemak Omega 3, di antaranya yaitu ikan, minyak ikan, kedelai atau kacang kenari
  3. Makanan yang mengandung zat besi : bayam, kacang merah, tomat dan kentang
  4. Makanan yang mengandung Vitamin : buah-buahan dan sayuran serta kacang hijau yang banyak mengandung vitamin A, B atau C
Ingat, jika bayi anda masih menerima ASI (usia 6 bulanan), maka yang harus mengonsumsi gizi di atas adalah ibunya sendiri.

Tips Perawatan Rambut bayi

Untuk menjaga kesehatan rambut bayi anda, gunakanlah sampo khusus bayi yang tidak mengandung zat kimia dan tidak pedih di amta. Cara memberikan shampoo kepada bayi anda adalah dengan mengeringkan rambutnya secara hati-hati terlebih dahulu kemudian gosok dengan shampoo secara perlahan-lahan dan lembut, jangan terlalu kencang. Jika ingin menyisir rambut bayi,gunakanlah sisir bergigi besar dan jarang.

Kita semua tahu, kulit kepala bayi yang masih tipis merupakan kulit yang sensitive. Ini disebabkan jaringan kulit kepalanya masih longgar. Dalam perawatan rambut anda juga dapat menggunakan hair lotion atau hair tonic untuk merangsang pertumbuhan rambut. Asalkan bahan tersebut aman dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Jiak timbul iritasi misalnya warna merah pada kulit artinya anda menggunakan shampoo yang salah.

Kerontokan rambut bayi dapat terjadi. Umumnya jika bayi sering menggunakan topi. Dengan menggunakan topi terlalu sering dapat mengakibatkan keringat pada kulit kepala yang akhirnya akan menimbulkan rambut rontok. Sebagai orang tua yang mengalami hal tersebut, anda tidak perlu khawatir, karena kerontokan yang bersifat alamiah akan tumbuh rambut baru selanjutnya. Pastikan bayi anda mendapat gizi yang seimbang.

Tips Merawat Rambut Bayi:

• Untuk merawat rambut agar tetap lembat dapat menggunakan bahan sederhana saja
• Gunakan kemiri untuk menghitamkan rambut
• Minyak kemiri dapat dioleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut secara rutin
• Selain itu, anda juga dapat menggunakan madu untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan cara mengoleskan madi ke kulit kepala hingga ujungnya sebelum bayi anda keramas, lalu diamkan beberapa saat

Cara Merawat Rambut Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown