Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Sabtu, 02 Mei 2015

5 Cara Merawat Bayi 2 Bulan

Cara Merawat Bayi 2 Bulan - Si Kecil sudah berumur 2 bulan dan bukan lagi bayi yang baru lahir. Diusianya yang memasuki 2 bulan ini Anda harus sudah mengasuh serta mengamati perkembangan bayi Anda dari minggu ke minggu, dengan ini akan membantu Anda untuk memahami karakter dan kepribadian si buah hati. Dari sini Anda dapat mengetahui apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh si bayi, dan juga apa yang menjadi penyebab bayi menangis dan mengatasinya misalkan karena mengantuk atau lapar.

Saat bayi berusia 2 bulan pada umumnya mereka sudah menjadi lebih kuat untuk menopang kepalanya sendiri sehingga sudah mampu untuk mengakat kepalanya setinggai 45 derajat saat ditegakkan atau ditengkurapkan badannya. Bayi juga sudah mulai memilki refleks untuk mengisap jempol atau jari lain, hal ini adalah salah satu cara bagi mereka untuk menghibur diri.

Tidur Bayi Saat Umur 2 Bulan

Cara Merawat Bayi 2 Bulan

Cara Merawat Bayi 2 Bulan

Saat umur 2 bulan pola tidur bayi masih belum terbentuk secara sempurna dan akan terus menerus berkembang. Pada umumnya bayi yang berumur 2 bulan masih membutuhkan waktu tidur antara 15-16 jam sehari yang dibagi dalam beberapa sesi. Bayi pada biasanya akan terbantun 2-3 jam sekali untuk menyusui.

Pada saat masa-masa ini bertahanlah untuk merawat bayi, karena setelah melewati masa ini bayi akan memiliki pola tidurnya sendiri yang teratur sehingga Anda bisa tidur lebih nyaman sepanjang malam. Untuk membuat bayi bisa belajar tidur sendiri Anda bisa menaruh bayi ditempat tidurnya ketika ia sudah mulai mengantuk.

Cara menidurkan bayi umur 2 bulan adalah dengan membiarkannya tidur terlentang untuk mengurangi terjadinya sindrom kematian bayi secara mendadak. Hindari menaruh obyek-obyek diranjang bayi.

Bayi Tengkurap di Umur 2 Bulan

Pada akhir bulan, bayi sudah cukup kuat untuk menopang kepalanya meskipun hanya sebentar saja. Pertumbuhan bayi diusia dua bulan berjalan secara bertaap. Mulai dengan pembentukan leher yang kuat sehingga mampu menopang kepalanya. kemudian saat tengkurap sehingga ia mencoba untuk mengangkat badannya dengan cara mendorong tangannya sehingga memperkuat otot dibagian tubuh atas serta punggungnya. Otot-oto ini akan membantu si kecil untuk duduk dan bergerak.

Untuk mendukung perkembangan ini, selalu temani si kecil saat ia tengkurap. Cobalah mengajak ia berbicara selagi saat menemani seta mendukungnya. Hal ini dilakukan untuk membuat dia menjadi lebih nyaman, tertarik dan gembira saat melewati fase ini. Anda juga bisa menaruh si bayi di karpet yang memiliki tekstur menarik atau memutar musik yang dapat membuat dia menjadi ceria dan rileks. Selain itu juga bisa menelungkupkan bayi ketika ia sedang terjaga atau saat ingin bermain. Cara ini bisa membuat bayi memperkuat otot lehernya.

Perkembangan Panca Indera Bayi Umur 2 Bulan

Panca indera bayi juga mengalami perkembangan di usia 2 bulan ini secara bertahap. Di umur ini bayi bisa melihat benda di jarak kurang lebih 18 inci. Bayi bisa melihat Anda dengan jelas saat menyusui. Bayi juga seharusnya mampu untuk mengikuti gerakan Anda saat Anda mendekatinya.

Pada akhir umur 2 bulan, si bayi sudah mampu untuk melihat obyek yang lebih jauh serta mulai dapat melihat pemandangan yang menurutnya menarik seperti binatang, air, ataupun obyek yang menarik lainnya. Ia akan merasa senang ketika digendong pada posisi tegak yang menghadap keluar. Tempatkan bayi pada posisi yang aman saat ia menikmati pemnadangan yang menurutnya menarik.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan respon panca indera bayi. Karena semakin cepat respon panca inderanya akan semakin cepat pula perkembangan bayi yang lainnya.

Perkembangan Kemampuan Bahasa dan Berbicara Bayi Umur 2 Bulan

Pada umur segini kemampuan bayi dalam hal bahasa juga mengalami perkembangan. Ia akan mulai aktif untuk mendengarkan apa yang ia dengarkan atau Anda ceritakan, mengamati pergerakan mulut Anda ketika berbicara dalam rangka mempelajari bagaimana lidah Anda saat bergerak.

Bayi akan mulai berbicara atau mengeluarkan suara dengan kata-kata vokal seperti oh, eh, ah ataupun uh. Ia akan terus mendengarkan suaranya sendiri dan berlatih menggerakkan lidahnya untuk bisa mengulangi suaranya. Pada masa ini terus aja si bayi untuk berbicara, hal ini dalam rangka untuk meningkatkan respon dia dan membantu dia lebih cepat dalam memahami bahasanya. Ikuti juga pergerakan matanya saat ia mengamati sesuatu. Mungkin saja ia ingin mengatakan sesuatu tapi terbatas pada bahasa yang ia kuasai. Lakukanlah hal ini dengan sabar.

Pertumbuhan Komunikasi Bayi 2 Bulan

Tangisan adalah cara utama bayi saat umur 2 bulan untuk berkomunikasi. Anda juga akan belajar mengerti tangisan bayi, tetapi Anda juga mungkin akan sering mendengar bayi sedang cegukan, menjerit, menggerutu ataupun celotehan manja. Bayi pada umur ini seharusnya sudah mampu untuk mengenali wajah dan suara Anda serta bagaimana untuk meresponnya. Diumur ini Anda mungkin sudah bisa melihat senyuman pertamanya meskipun masih belum punya gigi.

Salah satu hal penting yang Anda bisa lakukan adalah mendukung penuh untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi dengan cara mengajak ia berbicara. Anda harus proaktif agar bayi semakin berkembang kosa kata ataupun kemampuan komunikasinya. Meskipun belum bisa menjawab, bayi bisa bereaksi terhadap tingkah Anda.

Tips Merawat Bayi Umur 2 Bulan

Tips Merawat Bayi Umur 2 Bulan

Tips Merawat Bayi Umur 2 Bulan

Pada bulan pertama umur bayi adalah masa yang mengkhawatirkan sekaligus juga mengasyikkan bagi orang tua baru. Jangan takut meminta saran untuk perawatan dan tumbuh kembang bayi saat berumur 2 bulan ke dokter spesialis anak ataupun keluarga.

Pada masa-masa ini memberikan sentuhan awal kepada bayi sangatlah penting. Luangkanlah waktu untuk memijat, memeluk, memegang, serta mengayunkannya di pangkuan Anda.  Kebanyakan bayi di usia ini akan sangat senang ketika digendong dengan posisi dia dapat merasakan kehangatan orang tuanya dengan lembut.

Untuk melakukan perawatan pada bayi di usia 2 bulan ini kita bisa tidak membiarkannya untuk duduk ataupun tidur di car seat, bouncer ataupun stroller sepanjang hari, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik. Selingi kegiatan bayi dengan tengkurap ataupun kegiatan lain yang mampu membuat bayi menjadi aktif bergerak di berbagai posisi yang berbeda.

Jika ia malah menangis cobalah untuk menenangkannya dencan cara digendong atau memberikannya nyanyian yang lembut.  Semoga tips sederhana cara untuk merawat bayi 2 bulan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

5 Cara Merawat Bayi 2 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown