Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Minggu, 03 Mei 2015

Cara Merawat Bayi 1 Bulan

Cara Merawat Bayi 1 Bulan - Pada 12 bulan pertama bayi dilahirkan dunia adalah masa-masa dimana perkembangan fisik bayi yang menakjubkan. Dalam waktu yang singkat itu bayi akan mulai berubah sepenuhnya menjadi seorang anak kecil yang mulai belajar untuk berjalan, berbicara serta mulai menunjukkan tanda-tanda kemandirian.

Tips Merawat Bayi Berumur 1 Bulan

Cara Merawat Bayi Umur 1 Bulan

Cara Merawat Bayi Umur 1 Bulan

Meskipun bayi berumur 1 bulan sudah mampu untuk memutar kepalanya saat posisi tengkurap, tetapi leher bayi belum cukup kuat untuk menopang kepalanya saat posisi tegak. Karena itulah jangan lupa memopang kepalanya sewaktu mengangkat si kecil. Lebih lengkapnya berikut ini adalah tips merawat bayi berumur 1 bulan :

Perkembangan Penglihatan Bayi Saat Berumur 1 Bulan


Pada beberapa hari setelah kelahiran bayi, mata bayi akan lebih sering menutup tetapi seiring berjalannya waktu ia akan mulai lebih sering untuk membuka matanya. Bayi yang baru lahir hanya 
mampu melihat obyek di jarak sekitar 25 cm saja. Yang berarti bayi Anda dapat melihat Anda ketika disusui, bahkan ia akan lebih sering dan suka untuk menatap wajah Anda dibandingkan dengan obyek yang lainnya.

Mungkin matanya juga terlihat juling saat mencoba untuk fokus melihat pada obyek tertentu. Hal ini lumrah karena syaraf pengontrol mata pada bayi belumlah berkembang secara sempurna. Hal ini akan terus berlanjut dan berkembang sampai usia 3-4 bulan kedepan. Jika terdapat tanda-tanda mata juling segera konsultasikan ke dokter spesialis.

Perkembangan Pendengaran Bayi Saat Berumur 1 Bulan

Meskipun pendengaran bayi belumlah sempurna, tetapi bayi sudah mulai mampu mengenali suara terutama suara Ibu yang setiap hari didengarnya selama di kandungan. Mereka akan bereaksi dengan suara yang lembut tetapi berirama tinggi serta ritme yang lebih lambat dan menenangkan. Selain itu juga bayi mampu memblokir suara-suara yang mereka anggap sebuah gangguan untuk istirahat. Tetapi, jika bayi tidak merespon apapun terhadap suara segera konsultasikan ke dokter terkait.

Perkembangan Indera Perasa Bayi Saat Berusia 1 Bulan

Seperti kebanyakan anak yang sudah lebih besar, bayi juga lebih menyukai rasa yang manis. Akan tetapi, indera perasanya belum bekerja dengan matang untuk membedakan rasa pahit maupun asam. Sedangkan penciumannya sudah mulai matang secara sempurna.

Itu tadi adalah tanda-tanda perkembangan bayi saat berumur 1 bulan. Dengen mengetahui tanda-tanda tersebut maka Anda mampu memberikan perawatan yang baik. Berikut ini cara dan tips untuk merawat bayi umur 1 bulan:

Cara Memberi Makan Bayi Yang Berumur 1 Bulan

Pada satu bulan pertamanya, cukum memberikan air susu ibu 8-12 kali sehari atau setiap 2-3 jam. Sedangkan untuk bayi yang meminum sufor biasanya hanya perlu diberikan susu 6-8 kali setiap hari. Pemberian susu bisa dilakukan saat bayi meminta atau memberikan jadwal tergantung pada metode yang cocok untuk ibu dan si buah hati. Saat bayi lapar, ia akan rewel dan mencari puting ibunya untuk meminum susu. Bayi sudah sudah cukup meminum susu akan terlihat puas dan segera tertidur hal ini ditandai dengan 4-6 popok yang basah setiap harinya.

Cara Bayi Berkomunikasi Saat Umur 1 Bulan

Saat bayi umur satu bulan satu-satunya cara untuk berkomunikasi adalah dengan cara menangis. Mereka mampu menangis hingga 3 jam sehari dan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Menangis adalah salah satu cara bayi untuk mengatakan bahwa ia sedang lapar, popoknya basah atau dia capek. Jika Anda sebagai orang tua mengerti arti dari tangisan ini maka Anda akan mampu memberikan penanganan terbaik untuk dia misalkan dengan cara digendong atau dibedong untuk menenangkannya. Jika bayi terus menerus menangis maka mungkin saja ada sesuatu yang menimpanya, segera konsultasikan ke dokter spesialis anak.

Tidur Bayi Umur 1 Bulan

Saat 4 minggu pertamanya, bayi akan membutuhkan waktu tidur 15-16 jam seharinya. Waktu tidurnya mungkin tidak teratur, karena ia belum bisa membedakan mana waktu malam dan mana waktu siang. Siklus tidur merekapun juga lebih singkat dan lebih mudah untuk terbangun pad aminggu-minggu awal. Hal ini karena ia masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan aktivitasnya. Bantu ia untuk lebih cepat menyesuaikan diri.

Pada bulan pertama adalah tahap bagi orang tua serta tahap untuk mencari komposisi terbaik untuk bayi. Yang paling dibutuhkan si bayi pada masa ini adalah sentuhan kasih sayang. Lakukan kontak kulit sesering mungkin dengan bayi misalkan dengan cara menggendong, mengayunkan ataupun memijat bayi dengan lemah lembut.

Itu tadi adalah tips untuk bayi yang berumur 1 bulan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Cara Merawat Bayi 1 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown