Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Senin, 25 Mei 2015

6 Cara Merawat Bayi Dalam Kandungan

Cara merawat bayi dalam kandungan  - Biasanya ibu-ibu hamil akan mengalami kondisi yang menyiksa seperti merasakan pusing, mual dan mudah lelah. Sebenarnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Perawatan sejak dalam kandungan dilakukan agar bayi terlahir sempurna.

Cara Efektif Merawat Bayi Yang Masih Dalam Kandungan

Gambar Bayi Dalam Kandungan

Gambar Bayi Dalam Kandungan

Tidak usah berlama-lama, berikut ini cara perawatan bayi dalam kandungan :

1. Periksa keadaan janin anda secara rutin

Sejak anda terdeteksi hamil, segeralah memeriksakan diri kepada dokter supaya anda dapat mengetahui tumbuh kembang bayi dalam kandungan anda. Minimal ibu hamil melakukan kontrol satu kali per bulan. Hal ini terus berlanjut hingga msa hamil tua. Saat masa hamil tua, pemeriksaan dipercepat dari yang awalnya dua minggu sekali menjadi seminggu sekali. Selalu taat petunjuk dokter, agar perkembangan bayi tidak terhambat dan persalinan di masa yang akan dating dapat berjalan lancar.

2. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan

Bukan berarti sang ibu hamil harus absen dalam melakukan aktivitas apapun. Ibu hamil hendaknya hanya boleh melakukan aktivitas ringan saja, asalkan mudah dan aman. Bagi wanita karir, sebaiknya mengurangi intensitas pekerjaan anda. Meski diperbolehkan untuk tetap bekerja, namun jika pekerjaan tersebut justru memberikan dampak buruk seperti stress, lebih baik mengambil cui terlebih dahulu.

3. Pilih mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi

Ibu hamil harus slalu mendapat asupan makanan yang bergizi bahkan lebih banyak daripada biasanya karena nutrisi yang didapat akan dibagikan kepada janin dalam kandungan. Yang jelas tidak boleh adalah mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meracuni tubuh sang ibu maupun janin. Bagi ibu hamil yang sering merokok, hendaknya dihentikan terlebih dahulu. Jauhkan diri dari lingkungan yang penuh dnegan asap rokok. Asap rokok dapat meracuni janin dalam kandungan dan menyebabkan gangguan kehamilan.

4. Terapkan pola makan yang sehat dan teratur

Hindari makan makanan yang tidak sehat seperti junk food yang berlebihan, meski itu sudah menjadi kebiasaan anda. Selain makanan, sang ibu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minimal ibu hamil harus meminum 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter per hari. Jangan sampai ibu hamil mengalami dehidrasi. Apabila ibu hamil merasa lemas karena kurang darah, sebaiknya segera mengonsumsi suplemen penambah darah. Untuk kebutuhan vitamin, yang terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi agar menjadi bayi sehat adalah asam folat.

5. Rajin berolahraga

Olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah olahraga yang tidak membutuhkan banyak tenaga seperti berenang, jalan santai, yoga, senam hamil. Olahraga ini dapat mendukung kesehatan serta kebugaran tubuh sang ibu hamil. Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh lainnya juga dapat meningkat, ibu jadi tidak mudah terserang penyakit. Tetap konsultasikan dengan dokter anda mana jenis olahraga yang cocok bagi anda

6. Pelajari pengetahuan yang memadai

Biasanya anda dapat membeli buku panduan khusus cara merawat kandungan di toko buku atau toko kesehatan. Dari buku ini anda dapat belajar banyak dan dapat mengetahui kiat-kiat untuk menceah atau menangani hal yang tidak diinginkan. Anda juga bisa berkonsultsi dengan dokter secara rutin,namun mengingat bahwa terkadang dokter dan anda sendiri memiliki keterbatasan waktu, akan lebih cepat jika anda menggunakn buku panduan sebagai pedoman. Jangan lupa untuk menanyakan petunjuk cara perawatan jain kepada sanak saudara atau kepada orang tua yang lebih berpengalaman.

6 Cara Merawat Bayi Dalam Kandungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown