Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Senin, 25 Mei 2015

Cara Merawat Bayi 3 Bulan

Cara Perawatan Bayi 3 Bulan - Bagi para orang tua yang memiliki bayi berusia 3 bulan, perlu diketahui bahwa bayi yang telah menginjak usia 3 bulan sudah mengembangkan kesadaran akan lingkungan di sekelilingnya. Akibatnya, bayi akan terbiasa dengan keteraturan. Misalnya, bayi sudah memiliki jadwal tidur yang teratur, pola makan yang teratur serta waktu bermain yang cukup. Sebagai orang tua, tentunya anda akan berkesempatan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Cara Merawat Bayi Berumur 3 Bulan

Cara Merawat Bayi Umur 3 Bulan

Tips Merawat Bayi Umur 3 Bulan

Seperti yang telah dipublikasikan dalam bayiku.org, dilihat dari segi perkembangan motoriknya bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa menjulurkan kaki dan menendang. Bayi anda mungkin menggerakkan tangan, seperti memukul atau mencoba meraih ke arah mainan dan memasukkan tangan ke mulut.
Bayi usia 3 memiliki sistem saraf yang hamper sempurna.

Artinya, bayi usia 3 bulan mampu sudah mampu mengkonsumsi lebih banyak susu daripada sebelumnya. Semakin banyak susu yang diminum, maka semakin lama bayi anda dapat tidur. Biasanya, bayi usia ini bisa tidur 6 hingga 7 jam dalam satu waktu, sehingga anda dapat juga dapat menikmati tidur malam. Sebaiknya, waktu tidur siang bayi usia 3 bulan harus diatur, sekitar satu setengah sampai dua jam sehari.

Saran bagi orang tua, apabila bayi anda terbangun saat tidur malam. Biarkan dulu selama kurang lebih 30 detik, sebelum anda mencoba menidurkannya. Hal ini supaya bayi dapat belajar untuk tidur sendiri. Misalkan ketika bayi terbangun dikarenakan ia sedang lapar atau popoknya basah maka hal yang harus anda lakukan adalah memberi susu atau mengganti popoknya dalam keadaan gelap (jangan menyalakan lampu), agar ia mudah tidur kembali. Dengan begini, bayi anda akan belajar bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur.

Panca Indera Bayi Umur 3 Bulan

Bayi berusia 3 bulan memiliki indera pendengaran yang hampir sempurna. Biasakanlah untuk berinteraksi dengan bayi anda sesering mungkin. Libatkan bayi anda dalam setiap percakapan, misalnya saat anda akan memberi susu atau mengganti popok, bayi akan mendengarkan dan memperhatikan ekspresi wajah anda. Lambat laun, bayi akan mengembangkan gerak isyaratnya sendiri jika ingin sesuatu.

Bayi usia 3 bulan senang mendengarkan semua jenis musik, jadi jangan ragu untuk memutar beberapa lagu anak-anak atau yang sejenis dan patut bagi bayi anda. Akan lebih baik lagi, jika anda mencoba bernyanyi mengiringi lagu tersebut.

Dalam hal penglihatan, bayi usia 3 bulan lebih menyukai warna-warna yang terang atau kontras. Pilihlah mainan dengan warna-warna tersebut.

Bayi 3 bulan mulai membuat suara-suara vocal, seperti “ah” atau “oh” dan sudah jarang menangis. Jika menangispun, biasanya tidak lebih dari satu jam dalam sehari. Namun, jika bayi anda menangis lama sekali dan anda mencemaskan bayi anda, disarankan segera berkonsultasi ke dokter anda, sebab bisa jadi penyebabnya adalah masalah medis.

Perlu diingat bagi para orang tua, keadaan yang mempengaruhi perkembangan bayi berbeda satu sama lain, apalagi bayi yang lahir prematur. Jika ada hal-hal yang kiranya terhambat dalam perkembangan bayi anda, seperti belum bisa merespon suara-suara, atau menggerakkan matanya mengikuti objek atau orang, atau tidak terlihat ada keinginan untuk mencoba meraih sesuatu, yang membuat anda kuatir, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anda.

Cara Merawat Bayi 3 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown