Dapatkan Tips Seputar Merawat Sikecil, mulai dari masih dalam kandungan, perkembangan bayi dari umur 1-6 bulan, atau tips-tips simple yang berguna lainnya ^_^

Senin, 25 Mei 2015

Cara Merawat Bayi Usia 4 Bulan

Cara Perawatan Bayi Usia 4 Bulan - Bayi berusia 4 bulan menjadi lebih waspada dan semakin mudah dalam merespons kedaan di sekitarnya. Dalam usia ini, bayi mulai berekspresi melalui senyum, tertawa atau berceloteh.

Cara Melakukan Perawatan Bayi 4 Bulan

Cara Merawat Bayi 4 Bulan

Cara Merawat Bayi 4 Bulan

Berat Badan Bayi Umur 4 Bulan

Perlu diketahui, atau mungkin sudah anda ketahui bahwa berat badan bayi usia 4 bulan sudah bertambah hingga menjadi dua kali lipat daripada berat badannya saat lahir. Apabila tidak memnuhi kriteria tersebut, anda tinggal memastikan apakah bayi anda sudah mendapatkan asupan gizi yang baik atau belum. Jika tidak, segera konsultasikan ke dokter anak.

Gigi Bayi Umur 4 Bulan

Jarang ditemui bayi usia 4 bulan yang sudah tumbuh giginya karena biasanya gigi bayi baru mulai tumbuh saat bayi berusia 8 bulan. Jika anak anda yang baru berusia 4 bulan sudah mengalami tanda-tanda berikut, bisa jadi giginya sudah mulai tumbuh.
Tanda-tanda gigi bayi sudah mau mulai tumbuh :
  1. Ngiler
  2. Ruam di wajah karena air liur
  3. Menggigit objek untuk mengurangi rasa gatal
  4. Rewel
  5. Hilang selera makan
  6. Menarik telinga kanan atau mengucek pipi yang sakit
  7. Diare.
Kemampuan motorik bayi usia 4 bulan sudah berkembang. Umumnya, bayi sudah mulai menggapai barang-barang atau main-mainan kesukaannya. Ia bahkan dapat mencoba menggapai anggota tubuh anda, seperti wajah atau rambut anda ketika anda di dekatnya.

Saran bagi orang tua : Dengan perkembangan ini, cobalah perkenalkan bayi anda kepada hal-hal yang tidak berbahaya, misalnya benda yang tekstur atau ukurannya berbeda sehingga penting bagi perkembangan otak bayi . Jangan mendekatkan bayi anda ke benda-benda tajam yang dapat melukai atau sekiranya berbahaya jika terkonsumsi.

Bayi usia 4 bulan umumnya sudah dapat tidur nyenyak kira-kira 7 sampai 8 jam dalam semalam. Manfaatkanlah hal ini agar anda dapat beristirahat dengan tenang. Jangan lupa, baiknya poloa tidur bayi ditambah dengan tidur siang sebanyak dua kali, masing-masing 3 sampai jam.

Panca Indera Bayi Umur 4 Bulan

Penglihatan bayi saat menginjak usia 4 bulan menjadi semakin tajam, sekarang ia mampu melihat warna-warna yang kontrasnya lebih samar, seperti kancing merah muda pada kemeja merah. Meskipun kemampuan melihatnya sudah meningkat hingga mereka bisa melihat orang di kejauhan, biasakanlah anda ada di jarak yang dekat dengan bayi anda karena mereka lebih suka memperhatikan orang yang dekat daripada yang berada jauh dari mereka.

Perlu diingat, gerakan mata bayi harusnya sudah mampu untuk mengikuti objek yang bergerak, karena itu jika anda menemui mata juling, segeralah berkonsultasi dengan dokter anak.

Tips Merawat Bayi Umur 4 Bulan :

• Ajaklah bayi anda untuk bernyanyi atau membaca atau mungkin aktivitas lain untuk dieksplorasi, meski hanya untuk beberapa menit dalam sehari

• Bayi anda akan semakin sering bereksplorasi melalui indera pengeap sehingga ia akan semakin sering memasukkan benda ke mulutnya, jauhkan benda-benda berbahaya darinya, terutama benda-benda kecil yang bisa membuat tercekik

• Temanilah ia sewaktu bermain, dukunglah minat alami bayi anda yang kiranya muncul

• Jika ingin meyingkirkan barang, taruhlah di tempat yang tinggi dari jangkauan bayi, karena bayi anda akan mencoba menjangkaunya jika ia merasa ingin tahu

• Jika anda mahir atau senang membacakan buku, anda bisa membacakan buku bagi bayi anda dengan pelan-pelan, atau anda juga dapat meminta bantuan bayi anda untuk membalik halaman buku yang sedang anda bacakan

• Luangkan sedikit waktu untuk memijat bayi anda karena dengan memijat secara rutin dapat mengurangi produksi hormon stres sehingga berat badan bayi bertambah lebih cepat dan dapat tidur nyenyak.

Cara Merawat Bayi Usia 4 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown